Polling
Bagaimana menurut pendapatmu, sekolah kita mencanangkan kampus bersih, hijau dan disiplin?
Setuju
Sangat Setuju
Kurang Setuju
Tidak Setuju

Lihat Hasil Poling

Statistik Pengunjung :
 Hari ini : 112
 Total : 56841
 Hits hari ini : 1744
 Total Hits : 341291
 Online : 3

Plan - Relokasi SMK Sangkuriang

5 Tips Menjaga Pola Hidup Sehat untuk Menghadapi Era New Normal

Compiled by : NUR MAYA   |  807 views

KOMPAS.com

Tubuh merupakan aset yang berharga karena merupakan sarana untuk menunjang kehidupan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatannya sangatlah penting, terlebih di masa seperti saat ini. Ada dua persoalan kesehatan yang harus menjadi perhatian khusus. Selain pandemi virus corona yang belum usai, ada juga demam berdarah dengue (DBD) yang juga merebak di beberapa provinsi. Menurut data Kementerian Kesehatan (Kemenkes), terhitung sejak Januari sampai 17 Juni 2020 jumlah penderita DBD di Indonesia tercatat mencapai 64.251 orang dan 385 di antaranya meninggal dunia. Demi memastikan tubuh berada dalam kondisi prima, Kompas.com telah merangkum beberapa cara menerapkan pola hidup sehat.

1. Jaga kebersihan diri Kemenkes menganjurkan untuk selalu mencuci tangan selama 20 detik dan mandi setelah bepergian. Hal ini ditujukan untuk membersihkan virus dan bakteri yang menempel di badan pada saat melakukan aktivitas di luar rumah. Selain itu, selalu membawa hand sanitizer untuk menjaga kebersihan tangan dan mengenakan masker untuk langkah perlindungan diri dari virus dan bakteri.

2. Menjaga kebersihan lingkungan Kemudian menjaga kebersihan lingkungan juga perlu dilakukan untuk mencegah nyamuk Aedes aegypti yang menularkan virus DBD berkembang biak. Melakukan langkah menguras dan menutup tempat penampungan air, serta mengubur benda yang berpotensi menjadi kubangan air (3M) merupakan langkah efektif untuk terhindar dari DBD. Selanjutnya, membersihkan rumah dengan cairan disinfektan untuk menghilangkan virus-virus yang menempel pada permukaan benda-benda di rumah.

3. Rutin berolahraga Tiga bulan menjalani masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan melakukan semua dilakukan #DiRumahAja berisiko menimbulkan kebosanan dan stres. Dilansir dari Kompas.com, olahraga secara rutin terbukti bisa membantu mengatasinya. Selain itu, olahraga rutin juga membuat tubuh terasa bugar sehingga siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari di fase kenormalan baru.

4. Istirahat yang cukup Beristirahat sangatlah dibutuhkan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat. Oleh karenanya, hindari begadang jika tidak dibutuhkan, dan jangan mengonsumsi minuman mengandung kafein pada sore hari agar terhindar dari masalah susah tidur. Dilansir dari Kompas.com, kurang tidur dapat mengurangi daya tahan tubuh yang sangat dibutuhkan pada era new normal. Selain itu, kurang tidur juga memengaruhi kondisi psikologis, salah satunya membuat suasana hati berubah-ubah (mood swing).

5. Mengonsumsi makanan bernutrisi Pola hidup sehat harus diikuti dengan pola makan yang sehat pula. Karena bagaimana pun, nutrisi yang diserap lewat makanan dan minuman sangat menentukan kesehatan tubuh. Melansir dari artikel Kompas.com, (2/2/2014)nutrisi harian yang dibutuhkan oleh manusia adalah karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. Pastikan keseimbangan asupan tersebut setiap mengonsumsi makanan.

[ Back ]